SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :)

Kamis, 21 Januari 2016

cara mengatasi kode error 5011 atau error p22 pada printer canon

pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman, yaitu bagaimana mengatasi error pada printer canon dengan kode 5011 atau p22. canon merupakan merk printer yang banyak diminati karena harganya terbilang murah dengan hasil cetakan yang memuaskan. salah satunya canon pixma e510 yang bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau dengan fitur yang lengkap yaitu scaner, fotocopy dan print. namun kekurangan dari tipe ini yaitu sparepart yang masih jarang di pasaran. seperti yang saya alami yaitu mencari sparepart scanernya. kemaren saya mengalami error pada printer satu satunya ini, yaitu macet ketika mau ngeprint dokumen skripsi saya. lalu saya searching di google mengenai kode error tersebut.alhasil saya mendapatkan informasi bahwa ada masalah pada bagian scaner. berhubung saya mahasiswa elektro. hehe. tanpa basa basi saya langsung bongkar. ternyata benar scaner tidak jalan mau jalan. motor penggerak tidak mau jalan. berhubung tidak punya sparepartnya. langsung deh saya bawa ke tempat service printer :v . alhasil ternyata benar situkangnya bilang rusak dibagian scanernya dan yang bikin saya agak mengernyitkan dahi situkangnya bilang kalo sparepartnya blum ada. "ya ampun apes gue kali yah". padahal printer satu satunya. akhirnya saya bawa pulang dan utek utek sendiri . haha

asumsi saya yang menyebabkan scaner tidak jalan : 
1. kotor.
2. sensor rusak.
3. motor penggerak rusak.
4. kabel flexible ada yang putus atau copot pada soketnya.
5. kerusakan pada motherboard.

satu persatu kita cek mulai dari kita bersihkan dulu bagian bagian dari printer kita, kemudian kita cek jalur kabel flexible apakah ada kabel yang putus atau tidak terpasang dengan benar. kemudian cek sensor apakah sudah mati atau hidup, kemudian cek kondisi motor apakah sudah mati atau hidup.

error p22 atau 5011 seperti ini sering terjadi pada printer yang memiliki fitur scaner. so jika teman teman mengalami hal yang sama dengan printer saya. sudah jelas ada masalah dibagian scanernya atau pada mainboard.
dari sebagian permasalahan diatas kebanyakan kerusakan terjadi yaitu pada bagian mainboard
sampai disini dulu postingan saya.saya lanjut jika saya sudah menemukan sparepartnya. .kwkwkw semoga membantu walau sedikit :D

Share:

2 komentar:

  1. Saya baru beli printer canon G2000.. nah awalnya saya ikuti smua langkah2 dlm buku petunjuk. Al hasil, bisa ngeprint.. bsoknya saya mw ngeprint lg eh, malah g bisa. Dan lampu alarm nya berkedip bergantian dngn lampu daya sebanyak 22x.. searching d om google, scanner rusak.. pdhal saya baru bli. Ad cara g gan mwngatasinya tanpa membongkar printer?? Makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mengalami hal yg sama...padahal printer baru sebulan.

      Hapus

iklan 1

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates